Kain Indonesia, Menarik Perhatian Dunia!

Yup, kain Indonesia, berhasil menarik perhatian dunia! Tidak akan ada habisnya kita membahas kekayaan indonesia. Negara ini punya banyak sekali warisan yang mampu membuat dunia tercengang. Dari Sabang sampai Merauke Indonesia punya warisan mulai dari budaya, kuliner sampai busana adat.

Untuk pakaian sendiri, saat ini indonesia termaksud jadi salah satu perhatian dunia. Banyak sekali kain-kain dari indonesia yang sudah melalulalang pada ajang bergensi sejenis fashion week. Banyak juga fashion designer Indonesia yang tertarik mengusung konsep warisan budaya indonesia dalam karya-karya mereka.

Anak-anak muda indonesia pun sekarang sudah sangat PD menggunakan busana dengan bahan kain warisan indonesia mulai dari batik, songket, lurik, sasirangan, ulos, jumputan dan banyak lagi untuk acara resmi maupun non resmi.
Berikut adalah kain-kain yang sayang kalian lewatkan untuk jadi koleksi fashion kalian.

1. Batik
Banyak sekali macam-macam batik di indonesia,motif batik berbeda-beda sesuai dengan ciri khas daerah tersebut. Ada batik Pekalongan, Solo, Madura, Garutan dsb. Proses pembuatan setiap daerah juga berbeda-beda namun cara yang paling hits dikenal mayoritas orang adalah dengan menerapkan malam pada kain yang sudah di gambar sebelumnya lalu proses selanjutnya dikelola dengan kekhasan masing-masing daerah.
Sejak 2 Oktober 2009 Batik diakui UNESCO dan sejak itulah tanggal 2 Oktober menjadi hari batik nasional.

2. Songket

Songket adalah kain tenun benang emas dan perak. Kain tradisioanal tenunan minangkabau dan melayu semula ini adalah kain mewah para bangsawan yang menujukkan kemuliaan derajat dan martabat pemakainya. Namun berkembangnya jaman songket kini dapat dikenakan berbagai kalangan dengan berbagai mode yang diinginkan, harganyapun tidak semahal dulu yang memang menggunakan benang emas atau perak asli, saat ini kita dapat mendapatkan harga songket yang lebih terjangkau karna menggunakan benang sintetis, tapi songket dengan bahan benang emas tetap menjadi kesenian yang punya nilai keunikan tersendiri dan pastinya dengan harga yang cukup mahal.

Motif-motif songketpun mempunyai makna-makna tertentu yang cukup menarik untuk diulas pula,mungkin dikesempatan lain mazaza akan mengulasnya 😀

3. Sasirangan

Sasirangan adalah kain adat suku banjar,kain ini di buat dengan cara pewarnaan rintang yaitu menjahit kain dengan tangan (delujur) yang sudah di gambar motifnya sebelumnya lalu benang akan ditarik sehingga menghasilkan kerutan dan dilanjut pada proses pewarnaan, kerutan-kerutan atau ikatan-ikatan benang tersebutlah yang akan menghasilkan motif sesuai dengan yang diinginkan. Motif sasirangan cukup bervariasi ada motif benawati, bintang bahambur, baham raja, hiris puda dsb.

4. Ulos

Ulos adalah kain tradisional masyarakat Batak,Sumatera Utara. Warna dominan kain ini adalah hitam,putih dan merah yang dihiasi tenunan perak atau emas,cara pembuatannya sama dengan cara pembuatan kain songket.
sama dengan kain-kain sebelumya ulospun memiliki beberapa motif dengan makna yang berbeda-beda pula.

5. Lurik

Lurik ini adalah kain bermotif garis-garis berbahan katun ,kita sering melihat kain ini digunakan untuk baju para pria pedesaan di jawa, namun sekarang lurik cukup dilirik dan di jadikan trend fashion yang cukup stylish.

Seperti songket dan ulos kain lurik juga kain yang di proses dengan cara ditenun.

Itulah beberapa kain Indonesia yang menarik perhatian dunia. So, fashion people jangan ragu lagi gunakan kain-kain khas indonesia untuk koleksi fashion anda. Jasa konveksi Mazaza akan berusaha menyajikan artikel yang bagus berikutnya untuk membahas lebih banyak lagi macam-macam kain di indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita.

SHARE IT:

Comments are closed.